alasan pentingnya investasi

Alasan Pentingnya Investasi, Jangan Hanya Andalkan Gaji

Sepertinya belum banyak orang yang tahu alasan pentingnya investasi, terutama para anak muda. Anak muda sendiri cukup identik dengan semangat untuk mencoba hal baru.

Karena umumnya anak muda yang sudah melewati umur 20 tahun mempunyai otoritas untuk menentukan beragam hal dalam hidupnya. Misalnya saja keputusan untuk bekerja sesuai bidang yang dikehendaki.

Akan tetapi, usia muda juga rentan dengan aktivitas menghamburkan uang. Karena mendapat pengalaman untuk mencari uang sendiri, banyak benda yang ingin dibeli. Padahal, anak muda juga perlu melakukan investasi untuk menyimpan kekayaan.

Alasan Pentingnya Investasi Meskipun Sudah Bekerja

Banyak anak muda yang terlalu banyak menghamburkan uang setelah mulai bekerja. Hal ini memang wajar terjadi ketika mereka baru merasakan pengalaman bekerja beberapa tahun.

Apabila Anda juga demikian, segera sadari bahwa dalam hidup bukan hanya perlu membeli barang-barang yang diinginkan di masa sekarang. Namun juga perlu menabung untuk keperluan di masa mendatang. Salah satu cara menyimpan uang ialah dengan investasi.

Investasi bukan sekedar menjaga uang. Namun juga mampu menambah kekayaan. Di masa sekarang juga tidak sulit apabila ingin memulai berinvestasi, karena banyak cara yang praktis seperti melalui gadget. Sekarang, mari simak dahulu alasan pentingnya investasi.

  1. Mempermudah dalam Mengejar Mimpi

Ketika masih muda, tentu ada banyak sekali mimpi yang ingin diraih. Misalnya saja bekerja di bidang sesuai keinginan, bekerja di perusahaan besar, membeli smartphone merk ternama, membeli mobil mewah, membeli rumah dan lain sebagainya.

Semua hal boleh dijadikan mimpi. Akan tetapi, proses meraih mimpi seringkali tidak mudah. Misalnya saja ketika ingin membeli smartphone merk ternama dengan harga belasan juta. Biasanya perlu beberapa bulan bahkan beberapa tahun untuk mengumpulkan uang.

Mimpi Anda akan lebih mudah diraih apabila mau memulai investasi. Karena, kekayaan akan bertambah. Misalnya saja berinvestasi emas. Setelah 5 tahun, nilai investasi akan meningkat sehingga bisa dicairkan untuk mendapatkan mimpi yang diinginkan.

Mungkin sebagian dari Anda masih ragu. Jika bisa menabung dari gaji mengapa harus investasi? Memang, menabung dari gaji secara konsisten bisa membantu meraih mimpi.

Namun, jika didukung dengan investasi akan lebih mudah lagi dalam mengejar mimpi. Karena jika menabung saja nilai uang Anda akan tetap bahkan menurun akibat inflasi. Sementara jika berinvestasi, nilainya akan bertambah.

  1. Menambah Sumber Penghasilan

Alasan pentingnya investasi selanjutnya ialah bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Banyak orang yang berpikir bahwa satu-satunya cara memperoleh penghasilan tambahan ialah dengan bekerja sampingan.

Padahal, bekerja sampingan akan lebih melelahkan bahkan dapat mempengaruhi performa dalam pekerjaan utama. Oleh sebab itu, lebih disarankan untuk berinvestasi apabila ingin memperoleh penghasilan tambahan.

Tatkala berinvestasi, Anda akan berpeluang memperoleh penghasilan tambahan dari peningkatan aset yang diinvestasikan. Alasan pentingnya investasi ini dapat dilihat dalam contoh ketika membeli obligasi ritel Indonesia.

Anda nantinya akan memperoleh imbal hasil secara berkala. Jumlah bunganya ini tentu akan menambah penghasilan Anda. Tidak perlu bekerja sampingan untuk memperoleh lebih banyak uang di samping gaji bulanan.

Ketika berinvestasi, Anda akan memperoleh passive income. Jadi, dana yang diterima ketika akhir periode investasi akan lebih banyak dibandingkan ketika menyetorkan dana awal. Apabila masih takut berinvestasi, pilih saja investasi minim risiko.

Alasan pentingnya investasi juga menunjukkan keunggulannya jika dibandingkan dengan menabung. Jika menabung, nilai uang akan sama saja ketika menyetorkannya pertama kali. Bahkan berkurang karena dipotong biaya administrasi setiap bulannya.

  1. Uang Bekerja untuk Anda

Biasanya manusia bekerja untuk menghasilkan uang. Akan tetapi, dalam investasi, uang justru bekerja untuk Anda. Anda akan menjadi selayaknya bos. Uang akan bekerja sebagai keuntungan dari pengembangan aset.

Jadi, jangan hanya bekerja menghasilkan uang. Biarkan juga uang yang sudah dimiliki bekerja untuk Anda. Alasan pentingnya investasi ini juga dapat membantu ketika sudah pensiun di kemudian hari.

Tentu ada kemungkinan setiap manusia berumur panjang dan menghadapi hari tua. Ketika sudah tua, sudah produktif lagi. Keuntungan dari investasi yang dilakukan ketika muda, dapat bermanfaat juga saat sudah tua.

Ketika sudah tua, Anda akan memperoleh penghasilan dari keuntungan investasi. Jadi, tidak perlu khawatir meskipun sudah pensiun. Tetap bisa memperoleh uang untuk melanjutkan hidup.

  1. Menyalurkan Jiwa Muda

Alasan pentingnya investasi selanjutnya ialah mampu menyalurkan jiwa muda. Hal ini karena investasi mempunyai sifat yang penuh tantangan dan dinamika, sehingga begitu cocok untuk anak muda.

Namun, bukan berarti investasi hanya boleh dilakukan oleh anak muda. Akan jauh lebih baik apabila dimulai sejak usia muda. Sehingga ketika sudah cukup tua, masih mampu beradaptasi dalam berinvestasi.

Ada banyak jenis instrumen investasi yang dapat dicoba. Misalnya properti, emas, reksa dana, saham, obligasi, deposito, dan lain sebagainya. Setiap jenis instrumen mempunyai risiko dan imbal hasil masing-masing.

Berinvestasi sendiri dapat dilakukan secara praktis melalui gadget. Tidak harus pergi keluar rumah ketika ingin berinvestasi. Misalnya saja ketika berinvestasi emas. Dapat mengandalkan aplikasi seperti Pegadaian.

  1. Mempunyai Dana Darurat

Mempunyai dana darurat ialah salah satu alasan pentingnya investasi yang sangat bermanfaat dalam kehidupan. Terdapat banyak hal yang tidak berada dalam kendali. Misalnya saja kenaikan harga barang, kenaikan pajak, inflasi, musibah dan lain sebagainya.

Ketika mempunyai dana darurat, maka tidak perlu risau jika terjadi hal di luar kendali. Contohnya ketika mendapat musibah kecelakaan tatkala berkendara di jalan raya. Investasi dapat dicairkan untuk biaya pengobatan dan perbaikan kendaraan.

Orang yang tidak mempunyai dana darurat, umumnya akan kebingungan meminjam uang. Jika sudah menyediakan dana darurat sejak usia muda, tidak perlu khawatir ketika terjadi hal mendesak di masa mendatang.

  1. Modal Terjangkau

Alasan pentingnya investasi ialah dapat dimulai dengan dana terbatas. Orang yang belum pernah mencoba berinvestasi, biasanya berpikir bahwa aktivitas tersebut memerlukan banyak dana dan penuh risiko.

Padahal, Anda dapat memulainya dengan dana sedikit, kurang dari Rp 100 ribu. Anda dapat mengambil instrumen dengan risiko rendah ketika baru memulainya. Misalnya saja berupa investasi emas.

Anda tidak perlu menunggu punya gaji banyak untuk mulai berinvestasi. Sisihkan saja dana setiap bulannya dari gaji. Meskipun jumlah dananya kurang dari Rp 100 ribu, Anda masih dapat berinvestasi.

Terkadang ada sejumlah platform atau marketplace yang menawarkan promosi khusus. Jadi, sesekali Anda bisa memperoleh kesempatan untuk berinvestasi dengan dana lebih sedikit.

  1. Dapat Membantu Membayar Hutang

Terkadang ada sejumlah keperluan mendesak yang mengharuskan seseorang untuk berhutang. Misalnya saja untuk membayar biaya kuliah yang terbilang mahal. Banyak sekali anak muda menanggung hutang biaya kuliah yang dibebankan orang tuanya.

Keadaan ekonomi membuat banyak orang tua terpaksa berhutang untuk membayar biaya pendidikan anak. Jadi ketika si anak sudah lulus kuliah, orang tua terpaksa memintanya untuk membantu melunasi hutang.

Apabila Anda juga perlu membayar hutang, maka dapat pula melakukannya melalui investasi. Investasikan dahulu uangnya sampai menghasilkan keuntungan. Lantas cairkan investasi untuk membayar hutang.

Apakah Anda masih berpikir bahwa gaji dapat memenuhi keperluan hidup sampai di masa mendatang? Mengingat keperluan yang senantiasa bertambah, menunjukkan alasan pentingnya investasi untuk meningkatkan kekayaan.

Check Also

Mengatur gaji untuk berinvestasi

Tips Mengatur Gaji untuk Berinvestasi Agar Bisa Untung

Mengatur gaji untuk berinvestasi memang tidak mudah, apalagi jika seluruh kebutuhan sangat bergantung dengan pendapatan. …