cara investasi jangka panjang

Cara Investasi Jangka Panjang dan Rekomendasi Produk Investasi

Ketahui bagaimana cara investasi jangka panjang, yang akan memberikan keuntungan bagi Anda di masa depan. Memiliki jaminan di masa tua tentu menjadi sesuatu yang menenangkan, sebab kita tidak akan tau bagaimana kondisi keuangan saat tua nanti ketika tidak mampu bekerja.

Memiliki kondisi keuangan stabil dan sudah dipersiapkan untuk di masa depan, tentu menjadi keinginan bagi semua orang. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan berinvestasi, meskipun banyak risiko harus Anda ketahui, namun manfaat dari investasi sangat besar.

Jika Anda baru memulai berinvestasi, ketahui juga cara investasi jangka panjang yang akan kami informasikan berikut ini. Pada umumnya kegiatan ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu jangka panjang dan jangka pendek, dan memiliki tujuan sama tapi kebutuhannya berbeda bagi investor.

Kini sudah banyak jenis produk investasi, sehingga Anda cukup menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investor sendiri seperti apa. Pahami dengan baik apa manfaat yang bisa didapatkan, serta ketahui produk investasi jangka panjang seperti apa yang Anda butuhkan.

Berikut Cara Investasi Jangka Panjang

Dalam memulai kegiatan ini, tentu kita membutuhkan pengetahuan dasar untuk mengetahui opsi yang tepat dalam memilih produk investasi. Terlebih lagi banyaknya opsi dalam berinvestasi saat ini, akan semakin sulit bagi orang awam dalam menentukannya.

1.     Sesuaikan Tujuan Anda

Cara investasi jangka panjang pertama adalah menyesuaikan dengan tujuan, Anda harus mengetahui dengan baik apa tujuan utama Anda dalam berinvestasi. Semakin Anda fokus dengan tujuan tersebut, maka investor bisa mengetahui dengan pasti cara berinvestasi dengan tepat.

Jika hanya ingin menambah keuntungan dari modal ditanamkan, dan mengambilnya dalam waktu dekat, maka jenis jangka panjang seperti ini kurang cocok. Akan lebih baik jika investor berencana untuk menabung, maka keuntungan di masa depan cukup menjanjikan.

2.     Jangan Terburu-Buru

Tips berikutnya jangan terburu-buru, maksudnya ialah jangan terburu-buru dalam menjual atau membeli instrumen. Investor perlu mengetahui waktu terbaik dalam menjual atau membeli produk investasi, agar tidak terjadi kerugian yang membuat modal malah menipis.

3.     Ketahui Berbagai Risikonya

Cara investasi jangka panjang selanjutnya adalah mengetahui berbagai risiko, meskipun tidak dibutuhkan dalam waktu dekat, tetap saja investor harus mengetahui berbagai risiko bisa saja menimpa investor dan menimbulkan terjadinya kerugian.

4.     Gunakan Modal Secukupnya

Cara lainnya adalah menggunakan modal secukupnya, jika Anda memiliki modal lebih maka tidak mengapa jika ingin mengalokasikannya ke dalam bentuk investasi. Tapi akan lebih baik jika modal tersebut dialokasikan secukupnya, jika terjadi kerugian maka modal Anda miliki masih aman.

Anda bisa mengalokasikan ke berbagai jenis produk investasi, seperti deposito, saham, emas atau reksa dana, dengan begitu peluang terjadi kerugian bisa diminimalisir.

Contoh dari Investasi Jangka Panjang

Bagi Anda yang tertarik untuk menanamkan modal dalam bentuk jangka panjang, kami memiliki beberapa informasi terkait hal tersebut. Agar tidak salah dalam memilih, maka ketahui beberapa contoh investasi jangka panjang yang mungkin akan sesuai dengan kebutuhan Anda.

1.     Logam Mulia

Setelah mengetahui cara investasi jangka panjang, Anda juga perlu mengetahui contoh dari jenis investasi tersebut yaitu logam mulia yang terkenal untuk diinvestasikan adalah emas. Emas dinilai memiliki harga konsisten, sehingga aman jika menjadikannya sebagai investasi.

Anda hanya perlu sesekali memantau harganya, jika emas mengalami penurunan, maka Anda tetap bisa menyimpannya untuk beberapa tahun kedepan, pasti harga emas bisa kembali naik.

2.     Properti

Contoh berikutnya adalah properti atau bangunan, memiliki aset seperti ini memang cukup aman dan bisa mendatangkan keuntungan. Hampir setiap tahun bisa terjadi peningkatan harga, selain itu properti pasti dibutuhkan oleh siapa saja yang ingin memiliki tempat usaha atau rumah.

3.     Reksa Dana

Cara investasi jangka panjang memang bisa membantu Anda dalam meningkatkan keuntungan berkali-kali lipat di masa depan, namun menemukan instrumen yang cocok serta sesuai dengan kebutuhan Anda memang tidak mudah, terlebih berbagai risiko yang bisa menimpa.

Tapi kami bisa memberi rekomendasinya untuk Anda yaitu reksa dana, salah satu instrumen yang sudah dikenal dan digunakan banyak orang. Reksa dana terbilang aman untuk digunakan, apabila investor baru belajar berinvestasi serta memiliki nilai cenderung stabil.

4.     Deposito

Contoh instrumen investasi lainnya yang cocok untuk digunakan dalam jangka panjang adalah deposito, pada instrumen ini mengharuskan Anda untuk memasukkan sejumlah dana ke dalam perbankan dengan waktu yang sudah ditentukan.

Lebih banyak orang memilih untuk menggunakan deposito berjangka, selain suku bunganya lebih besar, investor juga memiliki risiko lebih kecil.

Ketahui Berbagai Keuntungan Investasi Jangka Panjang

Salah satu tujuan bagi investor adalah mencari keuntungan, tentu mereka lebih memilih untuk berinvestasi agar modal yang dimiliki bisa bertambah suatu hari nanti. Daripada hanya didiamkan tanpa ada penambahan modal, akan lebih baik mencoba peluang dalam mengambil keuntungan.

1.     Menghasilkan Keuntungan di Masa Depan

Dengan mengetahui cara investasi jangka panjang, Anda bisa mendapatkan keuntungan di masa depan cukup menjanjikan. Meskipun di samping itu investor harus tetap berhati-hati dengan risiko kerugian, tapi tidak menutup kemungkinan peluang mendapat keuntungan di masa depan.

Mendapat keuntungan di masa mendatang tentu diinginkan oleh setiap orang, terlebih lagi tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengolahnya karena skala periodenya cukup lebar, sehingga Anda hanya cukup mengecek sesekali saja untuk mengetahui perubahan nominal harga.

2.     Pajak Lebih Murah

Keuntungan lainnya memiliki biaya pajak lebih murah, dibandingkan Anda melakukan investasi jangka pendek. Tentu saja hal ini cukup menguntungkan, karena investor tidak perlu mengeluarkan biaya pajak lebih besar saat memulai investasi.

3.     Mendapat Banyak Waktu

Dengan menerapkan cara investasi jangka panjang, Anda juga bisa mendapatkan banyak waktu untuk mengolah investasi tersebut. Karena bentuk investasi ini berjenis jangka panjang, maka investor tidak perlu repot dalam mengecek perubahan harga baik kenaikan atau penurunan.

Selain itu investor juga tidak perlu merasa khawatir, apabila terjadi fluktuasi dalam hitungan hari yang dapat menimbulkan kerugian. Sebab karena dana yang ditanam tidak dibutuhkan dalam waktu dekat, maka investor tidak perlu menjualnya karena bisa saja nilainya kembali tinggi.

4.     Meminimalisir Kerugian

Jika hanya menyimpan modal dalam bentuk uang, bisa saja terjadi fluktuasi yang membuat nilai mata uang tersebut menurun dan menyebabkan kerugian. Tidak ada yang tau bagaimana kondisi ekonomi Indonesia kedepannya, maka dari itu kita perlu cermat dalam mengambil pilihan.

Investasi di Masa Kini bisa Membawa Keuntungan di Masa Depan

Saat ini banyak orang sudah cermat dalam mengelola keuangannya, mereka berlomba-lomba menemukan peluang untuk meningkatkan keuntungan melalui modal yang dimilikinya. Meski akan selalu ada risiko dalam berinvestasi, namun hal tersebut tidak selalu menjadi fokus utama.

Cara investasi jangka panjang sangat bervariasi, namun hal utama yang perlu Anda lakukan yaitu memilih instrumen investasi yang tepat. Jangan sampai tingkat risiko yang Anda ambil lebih tinggi, dan bisa membahayakan nilai modal yang ditanamkan pada salah satu instrumen investasi.

Meskipun tingginya risiko juga memungkinkan Anda mendapatkan nilai keuntungan yang lebih tinggi, sebagai investor, investor bebas untuk menentukan mana jenis instrumen yang sesuai dengan kebutuhan serta tujuan dalam berinvestasi.

Jika Anda memahami strategi tepat dalam berinvestasi, diharapkan risiko kerugian bisa dicegah dan Anda tidak perlu merasa khawatir. Karena dengan menerapkan cara investasi jangka panjang yang telah kami berikan, bisa membuat investor dalam posisi aman di dunia investasi.

Check Also

Mengatur gaji untuk berinvestasi

Tips Mengatur Gaji untuk Berinvestasi Agar Bisa Untung

Mengatur gaji untuk berinvestasi memang tidak mudah, apalagi jika seluruh kebutuhan sangat bergantung dengan pendapatan. …