Cara Live Streaming Menggunakan OBS

Saat ini, live streaming bukan lagi hal yang asing di dunia marketing. Karena beragamnya konten pemasaran, pemasar harus mengikuti tren. Salah satunya adalah memahami alat streaming langsung seperti OBS.

OBS bisa menjadi solusi bagi mereka yang menginginkan live streaming berkualitas di Instagram ataw YouTube.

Apa itu OBS dan mengapa begitu penting dalam pemasaran konten saat ini? Berikut Okelegen memberikan penjelasannya.

Apa itu OBS?

Open Broadcaster Software (OBS) adalah aplikasi gratis yang dapat Anda gunakan untuk merekam layar dan streaming video.

mungkin anda pernah  melihat video game atau tutorial yang dibuat dengan memunculkan layar dengan wajah pembuatnya di kanan bawah video. Cukup menarik bukan? Itu salah satu contoh yang dibuat dengan OBS ini. Jadi kali ini, mari belajar bagaimana menggunakan Open Broadcaster Software.

Beberapa orang Banyak yang membuat video tutorial menggunakan aplikasi OBS ini. Karena lebih interaktif. Layar dan wajah dapat ditampilkan secara bersamaan tanpa perlu pengeditan manual. Anda juga dapat dengan mudah mengalihkan layar dari laptop ke ponsel.

Mengutip situs resmi dari OBS, anda bisa memanfaatkan beberapa fitur hebat seperti:

Fitur yang Dimiliki OBS

1. Rekaman layar tersedia

Sebelumnya, OBS menjadi populer di kalangan gamer karena kemampuannya merekam layar secara real time.

Tentunya hal ini sangat dibutuhkan para gamers karena mereka bisa memainkan game tersebut dan memperlihatkannya ke publik melalui YouTube atau Instagram.

Nah, Anda bisa melakukan hal yang sama. Tayang langsung dengan OBS memungkinkan Anda merekam proses langsung dan kemudian menggunakannya sebagai konten pemasaran.

2. Dukungan multi-kamera waktu nyata

Jika Anda sering menonton tayangan langsung di TV, Anda tahu bahwa aksi yang Anda lihat tidak hanya disiarkan melalui satu kamera.

Ada beberapa kamera yang merekam dan menyiarkan aksi secara bergantian sesuai dengan aksi bakat.

Jadi dengan OBS Anda dapat melakukan hal serupa. Pasalnya, berbagai ‘adegan’ bisa dimasukkan ke dalam aplikasi ini.

Adegan ini kemudian dapat ditampilkan secara bergantian.

Fitur ini bisa anda maksimalkan jika berencana melakukan konten wawancara dan live streaming di Instagram tanpa merasa bosan.

Ini bahkan dapat meningkatkan keterlibatan dengan penonton melalui siaran langsung!

Tentu saja, Anda memerlukan banyak kamera untuk melakukan ini.

3. Sisipkan teks selama siaran langsung

Seperti siaran langsung di televisi, Anda juga dapat menambahkan teks yang sedang berlangsung.

Jika Anda ingin melakukan siaran langsung di Instagram, Anda dapat melakukannya dengan mudah melalui Instafeed.me atau Yellowduck.

Dengan kedua situs web ini, yang harus Anda lakukan hanyalah menyalin tautan dari situs tersebut dan memasukkannya ke dalam OBS.

4. Pencampur audio bawaan

Selain variasi video yang dapat Anda masukan untuk siaran langsung, salah satu fitur menonjol OBS adalah mixer audio bawaannya.

Ini juga memungkinkan Anda menyesuaikan audio untuk setiap adegan agar lebih mudah didengar.

Anda juga dapat menyiarkan hanya audio dari adegan tertentu, tetapi bergantian di antara adegan yang disiarkan secara langsung.

Hal ini tentu akan sangat berguna jika Anda menggunakan cukup banyak mikrofon eksternal.

Cara Menggunakan OBS

1. Pertama masuk situs web resmi OBS di https://obsproject.com/ dan download sesuai sistem operasi Anda.

Cara Live Streaming Menggunakan OBS

2. Pilih dan siapkan layar atau jendela monitor yang akan direkam. Lalu Klik tombol + dan akan muncul pilihan.

3. Beri nama monitor yang akan anda gunakan sebagai layar perekaman.

4. Gunakan dua monitor terpisah dengan koneksi HDMI dan DisplayPort. Jika Anda memiliki 1 monitor, hanya 1 yang akan muncul. Jangan lupa untuk menekan tombol OK.

5. Selanjutnya masuk ke menu setting di kanan bawah layar OBS yang dilambangkan dengan tanda panah dan lingkaran merah.

6. Layar awal untuk berpindah ke menu umum setelah memilih menu pengaturan.

7. Meskipun terdaftar di bagian Streaming pada jendela pengaturan menu Output, Anda dapat mengatur kualitas video dengan mengatur submenu Video Bitrate, Encoder, dan Audio Bitrate. Semakin banyak kecepatan bit yang Anda tetapkan, semakin baik kualitasnya. Di bagian Perekaman, Anda dapat mengatur jalur perekaman, kualitas perekaman, format perekaman, dan pengaturan enkoder dan mixer khusus.

8. Anda dapat mengatur kualitas suara, sumber suara, laju sampel, saluran, dll. Anda dapat meminimalkan noise yang muncul dengan menyetel bagian mikrofon/audio, seperti mikrofon kondensor eksternal. Jika ingin merekam, pilih colokan/koneksi microphone yang sudah menggunakan USB untuk meredam noise.

9. Menu Video berguna untuk mengatur resolusi, downscale filter dan FPS yang digunakan. Semakin tinggi FPS yang digunakan, semakin besar ukuran rekamannya. Nilai 30 FPS sudah cukup untuk merekam atau streaming. Kalau mau lebih bagus bisa pakai 60, tapi ini butuh spek komputer atau laptop yang lebih tinggi untuk rekam/playback video nanti dan internet kencang jika dipakai untuk streaming.

10. Menu Hotkeys adalah menu terakhir yang perlu Anda atur saat pertama kali menggunakan OBS. Karena di menu ini Anda bisa merekam, streaming, menjeda, dan berhenti dengan pintasan keyboard.

Jika Anda pernah berpikir untuk memasuki dunia streaming langsung, Anda akan menemukan bahwa OBS adalah App yang bagus untuk memulai. Dengan dukungan untuk saluran streaming populer, beragam plugin, dan dukungan perangkat keras, mengapa harus membayar jika Anda bisa mendapatkan opsi yang Anda perlukan secara gratis? Untuk pemula dan pakar streaming, perangkat lunak ini memiliki sesuatu untuk semua orang dengan opsi profesional yang dapat bersaing dengan perangkat lunak penyiaran yang lebih mahal.

Check Also

Cara Download Dan Menggunakan Streamlabs OBS Desktop

Cara Download Dan Menggunakan Streamlabs OBS Desktop

Di zaman sekarang yang serba digital ini, live streaming membutuhkan aplikasi penyiaran. Salah satunya adalah …