Ciri Investasi Bodong

Ciri Investasi Bodong, Simak Baik-Baik

Ciri investasi bodong menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipahami oleh banyak orang. Investasi yang menjadi salah satu cara untuk orang-orang tidak mendapatkan uang dengan mudah.

Akan tetapi sayangnya banyak orang yang belum menyadari bahwa dengan melakukan investasi itu juga akan memberikan risiko kerugian sesuai dengan investasi yang dilakukan.

Karena semakin banyak orang yang tertarik untuk melakukan investasi ada pihak-pihak tertentu yang berusaha mengambil keuntungan dengan cara yang tidak benar. Sekarang ini sudah bisa dengan sangat mudah menemukan investasi bodong.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui ciri investasi bodong supaya tidak tertipu. Ini sangat penting supaya nantinya ketika ingin melakukan investasi Anda bisa meletakkan uang Anda pada tempat yang tepat.

Mungkin saja Anda harus mengalami kerugian yang sangat besar ketika melakukan investasi pada tempat yang salah. Sekarang ini banyak orang yang tertipu dengan investasi bodong karena tergiur dengan keuntungan yang dijanjikan.

Tidak bisa dipungkiri, jika melakukan investasi memang bisa memberikan keuntungan yang sangat besar. Dengan catatan Anda melakukan investasi di tempat yang tepat dengan cara yang tepat pula.

Ciri Investasi Bodong yang Wajib untuk Anda Ketahui

Sekarang ini, bahkan Anda bisa melakukan investasi dalam jangka pendek atau biasa disebut sebagai trading. Investasi jenis ini biasanya sangat mengandalkan pergerakan harga yang sangat cepat.

Tentu Anda membutuhkan pengetahuan yang cukup supaya bisa menghasilkan keuntungan ketika melakukan investasi pada instrumen tertentu.

Sangat disayangkan sekarang ini masih banyak orang yang tertipu dengan investasi abal-abal atau investasi bodong. Berikut beberapa ciri dari investasi bodong supaya Anda tidak tertipu oleh jenis investasi yang sangat merugikan ini, simak ulasannya.

  • Menjanjikan keuntungan yang tidak rasional

Salah satu ciri investasi bodong yaitu adalah memberikan janji keuntungan yang tidak rasional. Ini adalah ciri paling sederhana untuk membedakan antara investasi yang resmi dengan investasi bodong.

Investasi bodong selalu memberikan janji-janji manis supaya nantinya ada banyak orang yang tertarik tanpa menjelaskan bagaimana keuntungan sebesar itu bisa didapatkan oleh investor.

Oleh karena itu, ketika Anda menemukan jenis investasi yang memberikan keuntungan tidak rasional sudah hampir pasti itu merupakan investasi bodong.

  • Tidak menjelaskan risiko dari investasi yang dilakukan

Ciri investasi bodong selanjutnya yaitu tidak menjelaskan risiko dari investasi yang dilakukan. Hanya orang-orang yang berkeinginan untuk menipu tidak akan memberikan informasi mengenai hal yang membuat orang lain tidak tertarik untuk melakukan investasi.

Setiap jenis investasi memiliki risiko, dan seorang investor Anda harus mengerti bagaimana risiko dari aset yang Anda beli.

Jangan sampai Anda membeli aset investasi akan tetapi tidak mempelajari terlebih dahulu risikonya. Ini sangat penting supaya nantinya Anda bisa melakukan langkah-langkah pencegahan untuk menghindari kerugian ketika berinvestasi.

  • Tidak mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan

Jika ada investasi yang belum mendapatkan izin resmi dari pemerintah dalam hal ini yaitu Otoritas Jasa Keuangan itu merupakan salah satu ciri investasi bodong.

Kami sangat menyarankan kepada Anda untuk menghindari investasi yang belum mendapatkan izin resmi dari pemerintah karena sangat berbahaya.

Untuk memastikan sebuah investasi sudah memiliki izin resmi atau belum Anda bisa langsung melakukan pengecekan melalui customer service Otoritas Jasa Keuangan.

Sekarang ini masih banyak sekali investasi yang belum memiliki izin resmi akan tetapi beroperasi dan memberikan iming-iming keuntungan luar biasa.

  • Skema investasi tidak jelas

Skema investasi yang tidak jelas juga menjadi salah satu ciri investasi bodong. Oleh karena itu kami sangat menyarankan kepada Anda untuk pertanyaan mengenai bagaimana investasi tersebut bisa menghasilkan keuntungan.

Jadi ketika Anda mendapatkan janji-janji manis dari seseorang mengenai keuntungan sebuah investasi, sebaiknya Anda menanyakan balik bagaimana investasi tersebut berjalan dan akhirnya bisa memberikan keuntungan kepada para investor.

Jika seseorang tersebut tidak bisa menjelaskan secara pasti mengenai alur investasi, itu menunjukkan salah satu ciri investasi bodong yang harus Anda hindari.

  • Menggunakan foto tokoh publik atau artis tanpa izin

Para pelaku investasi bodong biasanya menggunakan foto tokoh publik atau artis yang diedit untuk semakin menarik perhatian banyak orang melakukan investasi.

Oleh karena itu, ketika ada salah satu jenis investasi yang menggunakan artis atau tokoh publik untuk promosi Anda harus hati-hati karena merupakan salah satu ciri investasi bodong.

Cara sederhananya untuk melakukan pengecekan apakah tokoh publik atau artis tersebut memang bekerja sama atau tidak yaitu melakukan pengecekan pada akun media sosial tokoh publik atau artis yang bersangkutan.

Karena biasanya ketika memang ada jaringan kerja sama maka artis atau tokoh tersebut akan melakukan promosi juga pada sosial medianya.

Cara untuk Menghindari Investasi Bodong

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari investasi bodong yaitu melakukan pengecekan Apakah investasi tersebut sudah mendapatkan izin resmi dari pemerintah.

Jika perusahaan tersebut sudah memiliki izin resmi dari pemerintah biasanya itu bukan merupakan investasi bodong, karena untuk mendapatkan izin dari pemerintah harus melakukan pelaporan dan juga melalui proses pengecekan mengenai kegiatan yang dilakukan.

Selain itu investasi yang benar biasanya selalu menjelaskan mengenai risiko dari melakukan investasi tersebut. Keuntungan yang diberikan juga tentunya rasional dengan kegiatan investasi yang dilakukan.

Supaya tidak mudah tertipu ada juga harus mencari informasi sebanyak mungkin sebelum melakukan investasi pada aset tertentu. Ini akan sangat berguna untuk membantu Anda tidak tertipu pada investasi bodong.

  1. Pastikan untuk Merencanakan Tujuan Investasi dengan Jelas

Supaya tidak mudah tertipu dengan investasi bodong sangat disarankan untuk merencanakan tujuan investasi dengan jelas.

Dengan mengetahui tujuan investasi nantinya Anda akan mempelajari banyak hal supaya nantinya kegiatan yang kertas yang dilakukan bisa menghasilkan sesuatu yang diharapkan dalam hal ini yaitu adalah tujuan awal melakukan investasi.

Sekarang ini ada banyak orang yang tidak memiliki tujuan yang jelas ketika melakukan investasi. Jadi ketika mendapatkan iming-iming dari investasi bodong langsung percaya dan langsung tertarik sampai akhirnya menyesal karena tertipu.

  1. Jaga Keamanan dengan Blokir Orang yang Menawarkan Investasi Terindikasi Bodong

Kami menyarankan kepada Anda untuk memblokir saja nomor ketika ada pesan masuk yang menawarkan sebuah investasi tetapi memiliki ciri investasi bodong.

Karena kemungkinan orang tersebut hanya berniat untuk menipu Anda. Untuk Menjaga keamanan dan mencegah orang tersebut menghubungi Anda kembali sebaiknya langsung diblokir saja.

Jika memungkinkan Anda juga bisa melaporkan nomor tersebut kepada pihak berwajib supaya nantinya ada penanganan lebih lanjut. Dengan melaporkan hal seperti itu sama artinya Anda mencegah orang lain menjadi korban penipuan investasi bodong.

Kegiatan investasi bodong memang semakin merasakan di kalangan masyarakat. Semoga saja ciri investasi bodong yang kami bagikan bisa membantu Anda terhindar dari investasi bodong.

Check Also

era baru investasi

Era Baru Investasi dan Panduan untuk Bisa Menguasainya

Kini, kita telah masuk ke era baru investasi, dan Anda juga tidak boleh ketinggalan untuk …