investasi digital crypto

Fakta Investasi Digital Crypto yang Perlu Diketahui Sekarang

Banyak orang sedang mengikuti hype investasi digital crypto yang diprediksi bisa memberikan potensi profit besar. Marketing campaign yang dilakukan juga cukup mengerikan sampai bisa membius jutaan orang.

Bahkan sudah bukan rahasia umum lagi bahwa sekarang banyak orang dari ekonomi menengah ke bawah mengikutinya. Hal seperti ini seharusnya sudah menjadi sebuah pertanda bahwa perlu ada riset lebih lanjut.

Mayoritas orang terjun ke dunia cryptocurrency bahkan tidak mengetahui seperti apa instrumen ini. Seperti apa profil risikonya ketika digunakan nanti bahkan sedikit sekali mengetahuinya.

Oleh karena itu akan kami berikan beberapa fakta mencengangkan cukup kontradiktif. Kami ingin membantah beberapa statement mainstream yang menjerumuskan banyak orang tidak bersalah.

Sehingga cryptocurrency tidak lagi menjadi biang kesengsaraan orang karena kejamnya marketing campaign. Kami tidak menyalahkan crypto namun orang-orang yang menyebarkan informasi kurang tepat.

Baca Juga: 6 Aplikasi Investasi Emas Digital Terbaik Mulai dari Rp100

Fakta Investasi Digital Crypto bagi Calon Investor

Langsung saja tanpa basa-basi berikut ini akan kami berikan enam fakta sebagai acuan Anda. Jadi sebelum terjun langsung, bisa menjadikan beberapa aspek ini sebagai sebuah pertimbangan awal.

1.     Investasi digital crypto berisiko tinggi

Tahukah Anda bahwa cryptocurrency adalah salah satu instrumen permodalan dengan profil risiko sangat tinggi. Artinya bisa saja untung besar namun peluang untuk bangkrut total juga terbuka lebar.

Tidak bisa kita memperlakukan mereka sebagai aset konsisten seperti emas. Harga instrumen ini setiap detik selalu berubah dengan pola yang hanya diketahui oleh pencipta alam semesta.

Bahkan praktik trading menggunakan instrumen ini sering disamakan seperti taruhan bola. Mana koin paling hype, disitu kita tanamkan dana dalam jumlah besar sampai mencapai profit tertentu.

Sebelum mereka turun, kita tarik aset dari situ untuk mengamankan posisi agar tidak ikut terjun bebas. Alih-alih to the moon investasi digital ini justru membawa banyak investornya to the jurang.

Terutama bagi para pendatang baru yang ikut masuk ke dalam dunia ini karena ajakan temannya. Ingat tanpa pengetahuan mendalam pada sebuah instrumen jangan terlalu gegabah ketika melakukan penanaman modal.

Kecuali jika Anda memang ingin menghilangkan aset untuk sesuatu yang tidak pasti hasilnya. Jadi sebaiknya jangan terlalu tergiur dulu dengan hype, lihat terlebih dulu seperti apa kemampuan Anda dan potensi instrumennya.

2.     Banyak penipuan berkedok investasi digital crypto

Ini adalah salah satu fakta paling kejam, dimana investasi berbasis cryptocurrency sering dijadikan untuk modus penipuan. Di Indonesia sendiri sudah berapa banyak korban investasi teh celup berkedok koin digital.

Sebenarnya modusnya tidak terlalu berbeda, misalnya menjual over patriotism dari masyarakat Indonesia. Koin buatan anak bangsa didukung lagi dengan influencer memasarkannya.

Banyak orang langsung keranjingan membeli koin tersebut dalam jumlah tidak masuk akal. Dengan harapan akan semakin banyak juga orang membeli sehingga nanti harganya juga bisa ikut melambung tinggi.

Namun apa daya investasi digital crypto tersebut ternyata penipuan ala teh celup. Dimana ketika sudah banyak orang masuk ke dalam lubang kematian, developer menarik semua dana tanpa jejak.

Jelas saja banyak orang dirugikan dengan praktik seperti itu, namun sayangnya masih saja terulang lagi. Memang para penipu tersebut sangat jahat sehingga dapat melenggang bebas melakukan penipuan berulang kali.

Ini adalah salah satu fakta yang tidak boleh Anda lupakan agar lebih waspada dalam memilih. Jangan hanya tergiur oleh marketing saja, lakukan riset agar tidak menjadi korban penipuan berikutnya.

3.     Investasi digital crypto token artis tidak worth it

Ini juga salah satu gimmick paling menjijikkan dalam dunia marketing cryptocurrency. Menggunakan nama besar artis untuk menggaet banyak investor, kemudian setelah melejit langsung dibawa lari.

Sudah berapa banyak nama besar artis tanah air dijadikan sebagai salah satu pemancing kedok bengis ini. Tentu saja kebanyakan artis tersebut tidak pernah tahu apa yang dilakukan oleh developer.

Namun untung saja masyarakat indonesia sangat pemaaf terhadap tokoh-tokoh besar. Sehingga untuk kesekian kalinya investasi digital crypto bertema artis dapat memakan korban secara lancar.

Harus berapa banyak lagi artikel edukasi seperti ini dibuat agar Anda tidak terjerumus ke lubang sama. Token artis tidak pernah worth it untuk digunakan sebagai barang investasi apapun bentuknya.

Praktik token artis sebenarnya sudah borderline penipuan massal yang seharusnya dapat dihindari. Masyarakat sekali lagi tidak boleh terlalu gegabah ketika ingin terjun dalam dunia permodalan.

Memang iming-iming cepat kaya menggunakan cryptocurrency sangat banyak digaungkan. Padahal tidak selalu orang berinvestasi menggunakan instrumen tersebut bisa menjadi lebih kaya dari sebelumnya.

4.     Investasi digital crypto modalnya bisa sedikit

Banyak orang mengira bahwa investasi digital harus diawali dengan modal yang relatif besar. Sebenarnya mindset tidak sepenuhnya salah juga, bisa saja kita melakukan invest pada koin bagus menggunakan modal sedikit.

Hanya saja perlu diketahui bahwa gain diperoleh ketika modal awalnya kecil juga akan rendah. Untuk urusan untung rugi sendiri tergantung bagai Anda dapat memanfaatkan fundamental dan teknikalnya.

Jika teknis fundamental dilakukan bagus bisa saja modal sepuluh dolar dapat naik menjadi dua puluh dolar dalam waktu satu bulan. Itu adalah target sangat realistis dengan risiko yang relatif rendah juga.

Ketika menggunakan modal awal kecil artinya investasi digital crypto juga berisiko rendah. Memang potensi modal hilang tetap ada, namun jika nominalnya rendah seperti sepuluh dolar saja tentu tidak memberatkan.

Sekali lagi dua faktor utama mempengaruhi profit tidaknya seorang trader koin digital adalah aspek fundamental dan teknisnya. Jika keduanya Anda sudah mahir berapapun modal tidak menjadi masalah besar.

5.     Investasi digital crypto tidak harus menjadi miner

Ini juga salah satu misleading information yang sering disebarkan terutama melalui grup whatsapp. Bisa saja menjadi seorang miner ketika ingin berinvestasi di dunia koin digital cryptocurrency.

Namun masalahnya itu tidak harus dilakukan agar Anda dapat memperoleh keuntungan. Perlu diketahui bahwa untuk menjadi seorang miner yang profitable perlu modal dengan besaran tidak masuk akal.

Apabila Anda sudah melihat seperti apa konsumsi listrik yang diperlukan oleh satu mainframe rig tentu akan terkejut. Jadi belum lagi ketika koin ditambang ternyata potensinya buruk.

Ada banyak faktor mempengaruhi bahkan seorang miner dapat jatuh terjungkal dalam jurang kebangkrutan. Oleh karena itu mindset ingin untung dengan menjadi miner lebih baik ditunda dulu.

Anda harus mempelajari banyak aspek lain lebih efektif agar dapat memperoleh profit dari instrumen ini. Bagi para pemula lebih baik cari referensi sebanyak mungkin agar tidak sampai salah memilih jalan.

6.     Investasi digital crypto memiliki underlying abu-abu

Tidak jelasnya underlying pada cryptocurrency menjadi salah satu fakta yang selalu disembunyikan oleh marketing. Selain dari hype sebenarnya apa mempengaruhi harga koin tertentu.

Bahkan cukup banyak trader koin mengakui bahwa fundamental harga dari sebuah koin digital adalah hype. Kita ambil saja misalnya salah satu koin artis yang juga anggota perwakilan rakyat dalam negeri.

Tidak ada yang tahu seperti apa underlying koin tersebut pada saat diluncurkan pada investor. Ketika para investor sudah menanam modal, beberapa waktu kemudian langsung dilarikan semua uangnya.

Kemudian contoh lain adalah dogecoin, koin tersebut harganya melambung tinggi hanya karena twit dari elon musk. Betapa bodohnya faktor underlying yang terdapat pada beberapa koin ampas tersebut.

Sebenarnya meskipun underlying dari sebuah instrumen itu tidak jelas kami tidak berhak melarang Anda menggunakannya. Namun alangkah lebih baik ketika mencari opsi lebih jelas saja agar nantinya aman.

Berinvestasi menggunakan aset digital memang sekarang sedang cukup hype dalam negeri. Namun tentu saja jangan lupa selalu riset dulu sebelum masuk ke investasi digital crypto agar bisa menghindari kerugian.

Check Also

Mengatur gaji untuk berinvestasi

Tips Mengatur Gaji untuk Berinvestasi Agar Bisa Untung

Mengatur gaji untuk berinvestasi memang tidak mudah, apalagi jika seluruh kebutuhan sangat bergantung dengan pendapatan. …