investasi digital NFT

Investasi Digital NFT, Apakah Tepat Dijadikan Opsi ?

Aset investasi digital NFT sekarang sendang menjadi sebuah primadona di dalam negeri. Alasannya adalah ada sebuah foto yang dibuat menjadi NFT dan laku terjual dengan harga milyaran rupiah.

Tentu saja hal tersebut sontak menjadi sebuah sorotan berbagai media sampai sekarang. Namun apakah ini adalah sesuatu yang sehat untuk ikut diselami terutama bagi para investor awam.

Agar tidak ada salah persepsi akan lebih baik apabila Anda menyimak ulasan dari kami. Sehingga tidak hanya tergiur oleh gimmick marketing saja namun mengetahui seperti apa risikonya.

Sayang sekali kami tidak terlalu merekomendasikan Anda para pemula menggunakan NFT sebagai instrumen permodalan. Alasannya jelas, karena underlying cukup abu-abu sehingga fundamentalnya juga kurang kokoh.

Ada juga fakta yang akan kami ungkap terkait NFT sehingga Anda bisa mengetahui seperti apa aslinya. Jangan hanya tergiur gimmick marketing saja, lakukan riset agar mengetahui informasi faktual.

Fakta Investasi Digital NFT yang Disembunyikan

Ada beberapa informasi faktual yang sering disembunyikan oleh artikel di dunia maya. Mungkin karena mereka tidak ingin membuat tulisannya bernada negatif, namun disini akan kami bedah secara total.

1.     Investasi digital NFT seperti batu akik

Tentu saja Anda tidak asing dengan hype batu akik yang beberapa tahun lalu sempat heboh di Indonesia. Siapa sangka batu akik yang identik dengan hobi orang tua harganya bisa sampai puluhan bahkan ratusan juta.

Dengan adanya hype tersebut langsung saja semua orang mendadak menjadi kolektor batu akik. Dari fenomena tersebut sebenarnya dapat dilihat bahwa hype sebuah produk sebenarnya tidak alami.

Bahkan banyak orang tidak mengetahui seperti apa sebenarnya nilai asli yang membuat batu akik menjadi sangat mahal. Hal seperti itu juga terjadi pada NFT yang sekarang sering digaungkan terutama di media sosial.

Banyak orang mendadak menjadi pakar dan menyatakan bahwa ini adalah salah satu aset dengan scarcity tinggi. Aspek kelangkaan menjadi salah satu gimmick pertama digunakan oleh para penjual.

Sehingga banyak orang memperlakukannya seperti barang seni padahal sebenarnya hanya gambar medioker. Bahkan cukup banyak seniman digital mampu menghasilkan karya jutaan kali lebih bagus dengan harga terjangkau.

Tentu saja ini perlu dicurigai mengapa instrumennya bisa memiliki harga sangat tinggi. Ternyata jawaban sederhananya adalah karena ada spekulan yang memang ingin menaikkan harga jualnya.

2.     Penipuan berkedok investasi digital NFT marak

Dimana ada sebuah aset hype disitu pasti akan timbul modus penipuan terbaru. Maraknya trend seperti ini ternyata juga diikuti oleh beberapa modus penipuan berkedok investasi digital non fungible token.

Jadi banyak situs yang meniru proyek dari opensea dimana seseorang dapat mengunggah non fungible token. Tentu saja dengan tarif tertentu untuk memarkirkan barang digital untuk dilelang secara bebas.

Namun sayangnya belum tentu sebuah karya bisa laku sedangkan uang sewanya sendiri sangat mahal. Banyak beredar juga situs wallet palsu sehingga merugikan banyak pelaku investasi digital NFT.

Belum lagi modus arisan dengan gimmick non fungible token yang entah mengapa ada juga orang mengikutinya. Jika ada instrumen investasi diikuti banyak gimmick penipuan tentu jelas terlihat bagaimana dia tidak memilki underlying.

Sebagai rule of thumb, apabila instrumen tidak memiliki underlying maka itu lebih baik dihindari dulu. Karena kita sendiri tidak bisa mengetahui secara jelas apa saja aspek mempengaruhi harga jual mereka.

Selain gimmick scarcity sayangnya tidak ada yang bisa ditonjolkan oleh para penipu berkedok non fungible token. Jadi Anda calon investor pada instrumen ini lebih baik lakukan riset terlebih dahulu.

3.     Modal investasi digital NFT sangat besar

Perlu diakui bahwa banyak kreator besar yang kemudian menjual produk digital non fungible token. Bahkan beberapa tokoh ternama di dalam negeri juga secara halus menunjukkan bahwa mereka menggunakannya.

Ada beberapa kreator yang cukup sukses menjual karya mereka sebagai non fungible token secara konsisten. Ingat kata kunci ini konsisten, jadi tidak hanya dari sekali jual saja seperti yang pernah terjadi di Indonesia.

Tahukah Anda berapa banyak budget dikeluarkan untuk membentuk persona kreator tersebut. Tentu saja nominalnya sangat banyak, bahkan harga NFT yang mereka jual belum tentu bisa mencukupinya.

Jadi untuk memulai investasi digital NFT agar orang mau membeli adalah Anda harus memiliki persona. Jika Anda tidak memiliki persona maka siapa orang mau membeli gambar dengan kualitas medioker tersebut.

Ketika sudah muncul persona maka akan perlahan terbentuk stand, jika ini sudah naik maka banyak pengikut. Ketika suporter militan dimiliki maka secara otomatis Anda akan mempunyai pangsa pasar tetap.

4.     Keuntungan investasi digital NFT tidak pasti

Apabila Anda adalah orang biasa tanpa persona dan eksposur tinggi di dunia digital lebih baik hindari saja. Keuntungan dari menjual NFT tidak pasti karena sekarang harganya sudah beranjak turun.

Di dunia ini masih banyak instrumen digital jelas misalnya intellectual property untuk dijadikan investasi. Barang sepele seperti NFT perlahan akan menurun dan silahkan sadari sendiri seperti apa gimmick penipuannya.

Pada dasarnya NFT adalah sebuah barang tanpa fungsi yang dipaksakan untuk dibeli oleh konsumen. Dengan catatan konsumen sendiri tidak mengetahui fungsi dari properti tersebut selain dilakukan tukar guling.

Jadi investasi digital NFT kembali lagi tidak akan pernah jauh berbeda dengan hype batu akik. Para pemain awal jelas akan profit, namun pemain yang baru masuk hanya akan memperoleh ampasnya saja.

Ini sudah fakta namun banyak disembunyikan oleh media massa sehingga banyak orang terjun lalu kecewa. Mungkin pembahasan ini sifatnya terlalu kasar dan mendiskreditkan satu sisi, namun mau bagaimana lagi ini faktanya.

5.     Marketing investasi digital NFT sering misleading

Salah satu alasan lain mengapa sangat banyak orang terjerumus dalam jurang investasi bodong NFT adalah marketingnya. Gimmick marketing NFT terutama di dalam negeri sangat kejam.

Seolah ini adalah salah satu instrumen yang bisa membuat orang biasa bisa menjadi kaya seketika. Sebagai rule of thumb ketika ada peluang sangat bagus jangan langsung percaya, taruhlah curiga terlebih dulu.

Jika Anda mempercayai peluang terlalu bagus tersebut bisa jadi itu adalah salah satu jebakan berbahaya. Jadi ketika ada teman atau siapapun menawarkan untuk investasi digital non fungible token silahkan riset lebih dulu.

Cari tahu berapa banyak orang sudah jatuh menjadi rugi karena model investasi tidak jelas seperti ini. Apabila Anda adalah orang awam tanpa pengetahuan mendalam terkait money game sebaiknya mundur saja.

Jika tidak menginginkan kehilangan semua modal lebih baik alihkan saja pada instrumen lain. Banyak investasi aman seperti emas, deposito, tabungan berjangka dan lainnya untuk digunakan pemula.

6.     Tidak ada kelangkaan dalam investasi digital NFT

Fakta terakhir adalah tidak adanya kelangkaan dalam non fungible token karena mudah sekali direproduksi. Tahukah Anda ketika sebuah karya digital sudah dibuat maka kata langka artinya sudah berakhir.

Bahkan gambar NFT yang muncul di situs resmi bisa kita simpan dan gandakan sesuka hati. Memang ini adalah bentuk piracy namun dapat digunakan untuk menganulir konsep scarcity yang sering digaungkan.

NFT bukanlah barang langkah yang kemudian menjadikannya memiliki nilai jual luar biasa. Apabila karya tersebut memang memiliki nilai seni tentu nilainya juga relatif pada siapa pembelinya.

Jadi dibandingkan Anda meletakkan uang untuk berinvestasi pada seperti ini lebih baik alihkan pada hal lain. Hampir semua gimmick marketing non fungible token hanya bualan yang digunakan menipu investor.

Jadilah orang lebih bijak dalam menilai sebuah aset dengan melakukan banyak riset. Jadi potensi tertipu gimmick seperti investasi digital NFT tentu tidak akan meracuni dan membuat Anda rugi.

Check Also

Mengatur gaji untuk berinvestasi

Tips Mengatur Gaji untuk Berinvestasi Agar Bisa Untung

Mengatur gaji untuk berinvestasi memang tidak mudah, apalagi jika seluruh kebutuhan sangat bergantung dengan pendapatan. …