investasi modal 2 juta

Investasi Modal 2 Juta, Tidak Perlu Takut untuk Memulainya

Bisakah investasi modal 2 juta? Dalam berinvestasi tentu hal utama yang kita butuhkan adalah modal, memang tidak ada kisaran tertentu yang menjadi patokan dalam berinvestasi. Hanya saja banyak orang menganggap, bahwa berinvestasi membutuhkan uang yang besar.

Padahal kenyataannya hal tersebut tidak benar, tidak ada salahnya jika Anda mulai berinvestasi dengan modal secukupnya. Adanya risiko dalam berinvestasi, bisa menjadi batasan bagi Anda untuk berinvestasi dengan uang yang memang tersedia dan tidak harus digunakan seluruhnya.

Anda bisa mulai berinvestasi dengan modal yang tersedia, jika memiliki uang lebih dan tidak dibutuhkan dalam waktu dekat, maka akan lebih baik. Tidak ada salahnya juga jika ingin investasi modal 2 juta, cobalah untuk sedikit demi sedikit memulai kegiatan ini.

Namun sebagai investor, Anda tidak hanya memikirkan modal, namun pikirkan juga bagaimana strategi dalam berinvestasi. Semakin banyak pengetahuan didapat maka akan semakin baik, selain itu Anda juga perlu mengetahui mana produk investasi yang tepat untuk digunakan.

Berikut Produk Investasi Modal 2 Juta

Modal 2 juta kedengarannya memang kecil, namun dengan sejumlah uang tersebut, Anda bisa mendapat banyak keuntungan di masa depan. Sesuaikan saja dengan penghasilan yang dimiliki, Anda tidak harus menggunakan seluruh pendapatan dalam memulai kegiatan ini.

1.     P2P Lending

Investasi modal 2 juta bisa dialokasikan dalam bentuk P2P Lending atau peer-to-peer lending, yaitu inovasi yang dirancang oleh perusahaan fintech untuk mempertemukan antara peminjam uang dengan pemberi pinjaman, dan investor bisa menyetor modal mulai dari 50 ribu rupiah.

Sehingga sangat mungkin apabila Anda ingin berinvestasi dengan modal hanya 2 juta saja, untuk return yang bisa investor dapatkan sekitar 18% per tahun. Inovasi ini tentu memberi kemudahan bagi Anda, yang ingin memulai investasi dengan uang yang sedikit saja.

2.     Reksadana Pasar Uang

Produk selanjutnya adalah reksadana pasar uang, memiliki risiko rendah dan keuntungannya bisa dibilang relatif rendah apabila dibandingkan dengan produk reksadana lainnya. Namun Anda bisa memulai berinvestasi dengan modal 50 ribu saja, sehingga uang 2 juta sudah sangat cukup.

3.     Logam Mulia

Investasi modal 2 juta juga bisa dialokasikan dalam bentuk logam mulia, banyak orang menilai bahwa emas memiliki harga mahal dan perlu menyiapkan modal tidak sedikit. Nyatanya investor bisa menanamkan uang dalam bentuk emas mulai dari 0,01gram saja.

Untuk mengetahui nilai emas terkini, Anda bisa mencarinya lewat situs penjualan emas resmi yang banyak ditemukan di Indonesia. Biasanya harga kisaran per 0,01gram emas bisa senilai 100 ribu rupiah, sehingga modal 2 juta sangat cukup untuk diinvestasikan.

4.     Reksadana Campuran

Produk investasi lainnya adalah reksadana campuran, berbeda dengan jenis reksadana yang kami sarankan sebelumnya, untuk jenis ini Anda bisa mendapat keuntungan sebesar 20% serta modal awal 100 ribu saja, maka Anda bisa mengalokasikan lebih banyak modal dengan uang 2 juta.

Manfaat Berinvestasi Bagi Masa Depan

Tidak ada yang tau bagaimana kondisi keuangan kita di masa depan, terlebih lagi pasti kenaikan harga akan terjadi di masa mendatang. Jika kita tidak mempersiapkannya dengan baik, jangan sampai di masa tua kelak, kita kesulitan dalam mengelola keuangan dan memenuhi kebutuhan.

1.     Dapat Digunakan saat Darurat

Salah satu manfaat menanamkan investasi modal 2 juta adalah Anda bisa menggunakannya saat dana darurat dibutuhkan, tidak ada yang tau kebutuhan seperti apa akan terjadi di masa depan, terlebih lagi tingginya biaya kebutuhan setiap tahunnya.

Dengan menanamkan uang tersebut, maka investor bisa mengambilnya kapan saja namun akan lebih baik untuk menjualnya saat nilai keuntungannya lebih tinggi. Intinya adalah investor jadi punya simpanan tetap, dan bisa digunakan kapan saja diluar biaya kebutuhan.

2.     Membuka Wawasan

Salah satu manfaat berinvestasi adalah membuka wawasan, di mana tidak semua orang memiliki keinginan untuk mengenal lebih banyak seputar investasi. Beberapa orang menganggap, bahwa menyimpan uang di bank dan menabungnya sudah cukup sebagai simpanan tetap.

Padahal banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh seorang investor, di mana modal Anda miliki bisa berlipat ganda nilainya, jadi tidak sekedar hanya disimpan saja.

3.     Meningkatkan Nilai Uang

Investasi modal 2 juta juga memungkinkan investor meningkatkan nilai uang yang dimiliki, pada awalnya mungkin Anda akan merasa ragu dengan hal ini. Namun jika sudah memahami dunia investasi seperti apa, lama kelamaan investor akan paham bagaimana mengelolanya.

4.     Pensiun Lebih Siap

Ada batas waktu atau usia bagi pegawai yang bekerja, tidak mungkin jika di masa tua kita kelak, perusahaan tetap mempekerjakan kita karena performa dalam bekerja pasti menurun. Meski mendapatkan uang pensiun, lama kelamaan dana tersebut akan habis untuk biaya kebutuhan.

Maka dari itu selagi Anda masih bekerja, tidak ada salahnya mengalokasikan sedikit pendapatan untuk dimasukkan sebagai investasi. Sehingga saat investor membutuhkannya kelak nanti saat masa pensiun tiba, investor tidak perlu bingung mencari dana untuk memenuhi kebutuhan.

Simpan Modal Anda untuk Mendapat Keuntungan di Masa Depan

Tidak ada salahnya jika Anda memiliki modal lebih dan dialokasikan untuk berinvestasi, jadikan modal tersebut sebagai simpanan tetap yang hanya digunakan saat keadaan darurat. Investasi modal 2 juta bisa menjadi permulaan yang baik, agar peluang kerugian yang terjadi bisa dicegah.

Akan lebih baik jika Anda bisa mencegah kerugian sedikit apapun, jika dana yang sudah ditanam tidak dibutuhkan dalam waktu dekat, akan lebih baik jika Anda hanya memeriksanya sesekali saja dan tidak mengambil atau menjualnya karena berfungsi sebagai simpanan tetap.

Mengatur Keuangan untuk Mulai Berinvestasi

Keuangan memang cukup rumit untuk dikelola, apalagi dalam berinvestasi kita harus memahami bagaimana strategi dalam mengelolanya untuk mencegah kerugian. Berinvestasi menjadi suatu hal yang bisa menjadi keuntungan bagi Anda di masa depan, dan tidak ada salahnya mencoba.

1.     Sisihkan Modal Berapapun

Untuk bisa melakukan investasi modal 2 juta, investor juga perlu tau bahwa mengatur keuangan sangat penting dilakukan agar kondisi keuangan terjaga dengan baik. Yang pertama menyisihkan modal berapapun, tidak ada salahnya untuk memulai dari hal kecil terlebih dulu.

Anda bisa menyisihkan 200 atau 500 ribu setiap bulannya, dan memili instrumen investasi yang paling cocok dengan kebutuhanmu. Tanpa disangka-sangka nantinya nominal modal yang sudah dikeluarkan bisa bertambah banyak, dan nilai simpanan tetap juga semakin meningkat.

2.     Lunasi Utang dengan Bunga Tertinggi

Jangan lupa dengan utang atau kewajiban yang harus dipenuhi terlebih dahulu, jadikan hal itu sebagai kewajiban utama yang perlu Anda lakukan sebelum berinvestasi. Akan lebih baik jika Anda melunasi utang dengan bunga tertinggi, agar nilainya tidak semakin tinggi.

3.     Pikirkan Tingkat Risiko

Investasi modal 2 juta juga harus tetap memikirkan tingkat risiko, meskipun nilainya tidak begitu besar, tetap saja Anda sudah mengeluarkan dana jumlahnya tidak sedikit secara keseluruhan. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan risiko di setiap pilihan instrumen investasi.

4.     Manfaatkan Rencana Pensiun

Meskipun masa pensiun masih lama, tidak ada salahnya jika Anda merencanakannya sekarang juga. Pikirkan dana pensiun yang didapat akan dialokasikan dalam bentuk apa, dan bagaimana Anda memenuhi kebutuhan saat masa pensiun tiba.

Rancang rencana dalam mengelola keuangan versi Anda, agar nantinya tidak ada kendala yang terjadi saat berinvestasi. Jangan jadikan investasi sebagai beban, tapi jadikan sebagai hal bermanfaat yang bisa mendatangkan keuntungan dengan memulai dari investasi modal 2 juta.

Check Also

Mengatur gaji untuk berinvestasi

Tips Mengatur Gaji untuk Berinvestasi Agar Bisa Untung

Mengatur gaji untuk berinvestasi memang tidak mudah, apalagi jika seluruh kebutuhan sangat bergantung dengan pendapatan. …