tips investasi emas

Ini Dia Tips Investasi Emas untuk Para Pemula

Ketika baru memulai berinvestasi logam mulia, ada baiknya menerapkan tips investasi emas supaya dapat memaksimalkan keuntungan. Logam mulia sendiri sudah diakui sebagai instrumen yang menguntungkan sejak zaman dahulu.

Bukan hanya itu, investasi emas juga tergolong mudah sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja. Terutama anak muda yang baru terjun ke dunia investasi. Bahkan juga bisa dijalankan secara online melalui gadget.

Logam mulia juga mempunyai beragam keunggulan yang tidak dimiliki oleh instrumen lain. Misalnya saja tahan terhadap inflasi. Sehingga mampu mengamankan kekayaan, bahkan sampai ke generasi selanjutnya.

8 Tips Investasi Emas Bagi Para Pemula

Ketika belum memulai berinvestasi, pasti Anda berpikir gaji saja sudah cukup untuk menjadi sumber keuangan. Padahal, gaji tidak dapat menjamin masa depan. Sementara jika mau berinvestasi, keuangan dapat bertambah karena menghasilkan keuntungan.

Ketika Anda berinvestasi emas, nilainya akan stabil bahkan cenderung naik. Bedakan saja dengan aktivitas menabung yang nilai uangnya berkurang karena digerus inflasi. Jadi, mari mulai berinvestasi dengan menerapkan tips di bawah ini.

  1. Menentukan Tujuan

Tentu semua orang mempunyai tujuan tertentu dalam hidup. Misalnya menabung untuk biaya kuliah, pernikahan, membeli rumah, membeli kendaraan dan lain sebagainya. Maka, ketika memulai berinvestasi, harus menentukan tujuannya terlebih dahulu.

Tips investasi emas ini akan membantu Anda dalam menentukan arah atau menetapkan strategi. Misalnya saja untuk memilih jangka waktu investasi, apakah jangka pendek atau jangka panjang.

Misalnya saja Anda berencana untuk membeli mobil 5 tahun mendatang. Maka dapat menentukan untuk berinvestasi berapa gram emas setiap bulannya. Sehingga setelah 5 tahun, emas dapat dicairkan untuk membeli mobil.

Bagaimana jika tidak mempunyai tujuan sama sekali? Anda perlu memikirkannya terlebih dahulu. Bisa pula bertanya pada rekan-rekan lain mengenai tujuan mereka berinvestasi supaya memperoleh inspirasi.

Tips pertama ini wajib Anda lakukan. Jika tidak mempunyai tujuan, akan sulit untuk menentukan jumlah investasi. Bahkan, mungkin di tengah jalan Anda akan terhenti dan tidak melanjutkan aktivitas ini karena tidak adanya tujuan yang mampu memotivasi.

  1. Menetapkan Target Waktu

Tips investasi emas selanjutnya ialah menentukan target waktu sesuai kemampuan atau keperluan. Misalnya saja ingin membeli mobil. Maka, coba hitung dahulu setiap bulannya mampu menyisihkan uang berapa untuk berinvestasi emas.

Contohnya saja Anda akan mampu membeli mobil setelah berinvestasi 5 tahun. Maka tetapkan 5 tahun sebagai jangka waktu berinvestasi. Tidak perlu memaksa memilih jangka pendek jika memang tidak sesuai kemampuan.

Apabila sebelum mencapai 5 tahun ternyata keuntungan investasi mampu menambah biaya untuk pembelian mobil, maka Anda boleh mencairkannya. Bukankah hal ini jauh lebih menarik daripada hanya menabung uang di bank?

  1. Memantau Harga Emas Secara Berkala

Tips investasi emas berikutnya ialah memantu harga emas secara berkala. Walaupun harga dan nilainya cenderung naik, Anda wajib melakukan pemantauan secara berkala. Tidak harus datang langsung ke tokonya untuk bertanya perkembangan harga.

Anda dapat memantau harga cukup melalui gadget. Banyak sekali situs di internet yang mengabarkan perkembangan harga logam mulia. Bahkan banyak pula situs berita yang mengupdate harga emas ketika terjadi kenaikan atau penurunan.

Biasanya ketika terjadi penurunan harga, disarankan untuk melakukan pembelian daripada penjualan emas. Apabila saat terjadi penurunan harga Anda mempunyai uang lebih, maka bisa pula menambah pembelian logam mulia untuk investasi.

  1. Menentukan Emas Fisik atau Digital

Tips investasi emas ini tentu wajib diterapkan. Mempunyai logam mulia dalam bentuk batangan memang sudah dipercaya sebagai investasi yang aman sejak zaman dahulu. Namun, bukan berarti Anda wajib memilih emas dalam bentuk fisik.

Logam mulia ini memang mempunyai daya tahan tinggi karena mampu menahan benturan dan suhu tinggi. Bahkan dapat tetap awet meski sudah disimpan dalam waktu bertahun-tahun.

Meskipun begitu, di zaman digital seperti sekarang, investasi dapat dilakukan secara online. Anda bisa berinvestasi emas secara digital melalui platform, e-commerce, hingga aplikasi broker.

Jadi, silahkan memilih ingin berinvestasi logam mulia dalam bentuk fisik atau digital. Jangan lupa membeli emasnya di tempat terpercaya. Terutama ketika membelinya dalam bentuk digital.

  1. Menetapkan Tempat Penyimpanan

Anda wajib menentukan tempat penyimpanan logam mulia. Tips investasi emas ini akan menjaganya tetap aman. Tentu jangan menyimpan barang berharga ini secara sembarangan, mengingat nilainya yang tinggi dan cenderung meningkat.

Apabila membeli dalam bentuk fisik atau batangan, pikirkan dahulu ingin menyimpannya di mana. Misalnya saja dalam brankas di rumah atau menitipkannya ke bank dengan menyewa Save Deposit Box (SDB).

SDB sendiri merupakan fasilitas yang disediakan oleh bank untuk menyimpan barang berharga. Selain logam mulia, Anda juga boleh menyimpan beragam sertifikat di SDB. Misalnya menyimpan sertifikat rumah atau tanah.

Apabila menerapkan tips investasi emas dengan menitipkan logam mulia ke pihak lain seperti bank, maka ada biaya sewa yang harus dibayar. Namun tentu tingkat keamanannya jauh lebih tinggi. Silahkan pikirkan matang-matang ingin menyimpan logam mulia di mana.

  1. Memilih Tempat Terpercaya

Anda boleh berinvestasi di tempat mana saja, namun pastikan tempatnya terpercaya. Misalnya ingin berinvestasi melalui pihak ketiga seperti broker, toko, Pegadaian, ANTAM, aplikasi investasi online, marketplace maupun lainnya.

Tips investasi emas ini akan menghindarkan Anda dari penipuan. Apabila melakukan transaksi di tempat tanpa lisensi, mungkin akan memperoleh harga murah. Namun, tentu risikonya tinggi karena bisa saja emas yang dibeli palsu.

Jika ingin membeli emas batangan, maka pastikan untuk memperoleh sertifikatnya juga. Sertifikat menandakan bahwa logam mulia tersebut resmi. Jangan menerima logam mulia tanpa ada surat atau sertifikatnya.

  1. Menentukan Waktu Pencairan

Waktu paling tepat untuk mencairkan emas ialah saat harganya sudah melambung naik sejak pertama kali membelinya. Misalnya saja Anda membeli emas ketika tahun 2006 dan menentukan investasi untuk jangka waktu 6 tahun.

Maka, di tahun 2012 harga emas sudah merangkak naik. Akan tetapi, ketika hendak mencairkan lihat dahulu saat itu harganya sedang naik atau turun. Apabila harganya sedang turun, maka tunggu beberapa hari sampai harganya kembali naik.

Meskipun keuntungan dari berinvestasi sudah terkumpul selama 6 tahun, jangan terburu-buru untuk mencairkannya. Akan kurang menguntungkan jika mencairkannya ketika harganya sedang turun.

  1. Fokus pada Masa Depan

Berinvestasi logam mulia merupakan bentuk menabung untuk masa depan. Jadi, tips investasi emas selanjutnya ialah fokus pada masa depan. Tentu berinvestasi tidak dilakukan hanya untuk memperoleh keuntungan sesaat.

Biasanya bentuk investasi ini dilakukan dalam jangka waktu 5 sampai 15 tahun. Karena jika dilakukan dalam jangka waktu beberapa hari, akan kurang menguntungkan. Maka, Anda perlu menunggu jika ingin memperoleh keuntungan besar.

Ketika sudah menetapkan tujuan berinvestasi, maka Anda bisa lebih fokus dalam menatap masa depan. Jangan sampai lengah di tengah perjalanan. Anda harus konsisten dalam berinvestasi untuk meraih tujuan.

Emas ialah logam mulia yang dapat dijadikan instrumen investasi selain dipakai sebagai perhiasan. Logam mulia ini mampu memberikan keuntungan karena harganya stabil dan cenderung naik. Namun, perlu menerapkan tips investasi emas supaya profit.

Check Also

investasi era digital

Intellectual Property, Investasi Era Digital yang Sedang Hits

Intellectual property atau sering disebut IP adalah salah satu investasi era digital yang mulai hits. …